expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 28 April 2014

Albert Einstein

Rumus yang Mengubah Dunia
emc2
halo ap kabar....Bayangkan anda dan seorang teman menyamakan waktu pada arloji secara sempurna. Lalu teman anda terbang mengelilingi dunia,sementara anda tinggal dirumah. Sewaktu teman anda kembali,waktu pada arlojinya akan sedikt lebih lambat daripada waktu pada arloji anda. Dari sudut pandang anda,waktu melambat bagi teman anda itu. Tentu saja perbedaan waktu sangat kecil pada kecepatan manusia. Namun apabila mendekati kecepatan cahaya,bukan hanya waktu yang melambat secara signifikan,melainkan juga benda menjadi lebih kecil,dan massanya pun menjadi lebih besar(teori relativitas khusus Einstein)
Teori relativitas khusus dari Einstein,yang diterbitkan pada bulan juni 1905,tidak sependapat dengan kepercayaan fundamental para ilmuwan dimasa itu(pada waktu itu para ilmuwan berpendapat bahwa pengukuran waktu itu konstan diseluruh alam semesta) Teori Einstein pada waktu itu ganjil dimata para ilmuwan. Menurut teori Einstein,yang konstan diseluruh alam semesta adalah kecepatan cahaya,bukan waktu.
Pada bulan September 1905, Einstein menerbitkan makalah lain yang dianggap sebagai catatan kaki matematis untuk teori relativitasnya. Makalah itu memuat rumus E=mc. Menurut rumus ini,jumlah energi yang dilepaskan sewaktu atom dibelah setara massa yang hilang kali kecepatan cahaya pangkat dua.
E=mc —> Energi = massa kali kecepatan cahaya pangkat dua
—-> c berati c kali c = 299.793 km/detik x 299.793 km/detik
= 89.875.518.000 km/detik
Karena c adalah angka yang luar biasa besar,sejumlah kecil massa dapat diubah menjadi energi yang luar biasa besar. Sewaktu sebutir atom uranium dibelah, ia segera membentuk dua atom yang lebih kecil tetapi juga kehilangan kira kira 0,1 persen massanya(jumlah yang sangat kecil itu melepaskan energi yang sangat besar)
Berkat upaya para ilmuwan sepert Einstein, umat manusia bisa belajar tentang sifat alam semesta.
www.google.com/addurl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar